Perantau

free counters

Jumat, 13 April 2012

Biografi Singkat Iko Uwais


Uwais Qorny atau Iko Uwais adalah aktor dan atlet Pencak silat Indonesia. Ia memulai debutnya di dunia perfilman ketika memerankan Yuda, seorang perantauan Minangkabau dalam film Merantau tahun 2009.

Dalam film "Merantau" yang disutradarai Gareth Evan, Iko langsung didaulat menjadi bintang utamanya, tanpa melalui proses casting.

Gareth tertarik mengajaknya bergabung karena melihat Iko latihan di
Perguruan Silat Tiga Berantai. Di tambah lagi prestasi Iko di ajang Pencak Silat, Ia pernah mengukir prestasi sebagai Juara III, Kejuaraan Daerah Antar Perguruan DKI Jakarta tahun 2003, dan sebagai Penampilan Terbaik Kategori Dewasa Tunggal pada Festival Pencak Silat Cibubur 2005. Iko juga ternyata pernah menjadi juara dalam ajang eksibisi pencak silat di Inggris dan Rusia loh.

Iko mengaku senangnya luar biasa, saat tawaran itu dipercayakan kepadanya. Apalagi, film yang diangkat tentang pencak silat. Merantau sendiri merupakan sebuah tradisi yang masih ada di Minang, Sumatra Barat, di mana seorang anak laki-laki yang menjelang dewasa wajib menjalankan ritual religi merantau ke pulau seberang untuk mencari jati dirinya.

Meski baru pertama kali terlibat akting, namun Iko mengaku tak begitu direpotkan dengan adegan action.Kesulitannya hanya menghafal logat Sumatera Barat, itu Ia rasakan sulit sekali karena Ia orang Betawi asli.
Karya

Filmografi
  • 2012 "The Raid"
  • 2009 "Merantau"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments